It’s Me MUDAGAYA

Pendahuluan

Indonesia yang semakin maju dan berkembang telah mendorong berbagai sektor usaha dan bisnis untuk turut mengembangkan sayapnya, tanpa terkecuali industri kreatif. Cimahi sebagai salah satu sentra untuk industri kreatif juga telah melahirkan produsen-produsen yang bergerak di industri kreatif terutama di bidang kerajinan handmade.
Mudagaya adalah merek dagang yang digunakan oleh CV. Kharisma Mudagaya Laksana merupakan pelaku usaha di bidang industri kreatif yang berdiri sejak 27 Februari 2015. Diprakarsai oleh bapak David Laksana dan Ibu Riza Ristiana sebagai pemilik dari CV. Kharisma Mudagaya Laksana, mudagaya mulai menjalankan usahanya di industri kreatif sebagai produsen tas, dompet dan HPO dengan merk mudagaya. Hal tersebut dikarenakan pengalaman Bapak David Laksana dan Ibu Riza Ristiana yang sudah menekuni bidang tersebut sejak pertengahan tahun 2008 yang lalu sebagai vendor konveksi pada produsen barang sejenis. Sesuai dengan prediksi awal, mudagaya ternyata cepat diterima oleh masyarakat umum, hal ini dikarenakan meskipun produk-produk mudagaya memiliki konsep etnik, namun tetap trendi. Ditambah dengan eksklusifitas dari produk-produknya yang dikerjakan dengan proses handmade tapi dijual dengan harga jual yang terjangkau menjadikan produk-produk mudagaya sangat digemari oleh masyarakat umum.

Material

Setiap material produk dengan daya tahan yang terlah teruji dengan baik.

Unik Design

Design unik yang dikerjakan oleh profesional berdasarkan riset trend dan pasar.

Multi Fungsi

1 tas untuk berbagai fungsi, ini akan menghemat biaya pengeluaran Anda.

TENTANG MUDAGAYA

Sesuai dengan brand yang diusungnya, mudagaya terdiri dari dua kata yaitu MUDA dan GAYA yang apabila diartikan secara harfiah berarti “Produk-produk mudagaya adalah produk yang selalu Trendy untuk para kawula muda”. Makna dari Mudagaya secara filosofis menurut pemiliknya Bapak David Laksana, mudagaya memiliki arti bahwa “Jiwa-jiwa muda yang memiliki cerita (ide-ide) untuk mewujudkan kreatifitasnya dalam berfikir, bekerja dan berusaha”.

Hal tersebut dapat dilihat dari produk-produk yang dilabeli merek mudagaya, kesemua produknya selain memiliki bentuk yang revolusioner sesuai dengan jiwa-jiwa muda, desain secara grafisnya juga sangat mencermikan kawula muda yang kreatif.

Produk-produk mudagaya sangat mengandalkan tangan-tangan terampil dalam proses produksinya, dikarenakan produk mudagaya memiliki komposisi yaitu 70% dikerjakan dengan proses handmade dan sisanya 30% dikerjakan dengan proses manufaktur. Hal tersebut berdampak pada ketergantungan mudagaya terhadap sumber daya manusia yang terampil dan lebih banyak dibanding dengan produk-produk manufaktur pada umumnya.

Untuk mensiasatinya, mudagaya memiliki solusi dengan cara memanfaatkan warga di lingkungan sekitar perusahaan untuk mengikuti program pelatihan-pelatihan yang nantinya diberdayakan sebagai tenaga kerja paruh waktu untuk membantu proses prduksi. Dengan demikian permasalahan tersebut dapat diselesaikan dan dapat memberikan kontribusi kepada warga sekitar sebagai penghasilan tambahan.

Dari sisi manajemen perusahaan, mudagaya juga telah berevolusi dari yang awalnya menerapkan manajemen konvensional menjadi perusahaan dengan manajemen berbasis teknologi informasi, sistem yang dibangun mulai dari pengelolaan bahan baku, proses produksi, pengelolaan stok barang jadi, pemasaran dan penjualan, bahkan pengelolaan kepegawaian dan relasi dengan Customer dan Vendor telah dikelola dengan komputerisasi.

Dalam hal pemasarannya, mudagaya telah memiliki jaringan distribusi di hampir 60% wilayah di Indonesia, dengan kapasitas penjualan sebanyak 12.000 s/d 18.000 perbulan dengan omzet rata-rata sekitar 1,5 Milyar per-bulannya. Hal ini tidak lepas dari strategi-strategi pemasaran berupa promosi-promosi yang masif dan merata baik secara langsung maupun di internet.

Salah satu agenda rutin tahunan yang diikuti oleh mudagaya sejak tahun 2015 lalu adalah event INACRAFT, yang mana event tersebut event terbesar bagi para produsen handycraft di Indonesia yang pesertanya sangat terbatas dan persyaratan yang ketat.

History

Mudagaya, it’s me – mengawali usaha pada industri fashion yang begitu banyak dilakoni oleh sebagian warga Bandung memang tidak mudah. Terlebih lagi yang sudah diketahui seluruh Nusantara bahwa Kota yang dijuluki Kota Kembang ini memang kiblat dari kota Fashion di Indonesia. Banyak pecinta fashion membandingkan karya mereka dengan karya dari produsen di Bandung. Atas dasar itulah Mudagaya berprinsip untuk membuat produk dengan standar qualitas yang tinggi.

Berdiri pada tahun 2014 sebagai pengrajin / produsen tas etnik. Mudagaya selalu berprinsip membangun Brand yang baik dari berbagai segmen, baik qualitas bahan, jahitan, design, hingga harga yang bisa terjangkau semua kalangan. Sadar akan itu semua Mudagaya yakin mampu bersaing dengan kompetitor sejenis.
Ini semua berhasil dilalui hingga awalnya usaha rumahan hingga menjadi produsen tas etnik dalam jumlah yang banyak dan berimpact pada lowongan pekerjaan yang juga dicita-citakan oleh Mudagaya.

Produksi terus meningkat dengan seiringnya permintaan pasar dari brand kami Mudagaya, ini adalah pembuktian bahwa kualitas yang baik tidak selalu harus menjadi mahal. Sebuah karya elegant dari team Mudagaya berhasil menaklukan trend baru dalam industri fashion khususnya tas.

Jaringan Mudagaya tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia, distribusi ini dibangun dengan sistem yang menguntungkan kedua belah pihak. Distributor Mudagaya dikenal dengan sebutan DUTA.
Duta dibangun untuk ikut serta dalam memberikan peluang usaha.  Mau jadi Duta? Klik tombol dibawah ini.

Registrasi Duta

Visi & Misi
Mudagaya

Dalam menjalankan usahanya, CV. KHARISMA MUDAGAYA LAKSANA memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang dirancang berdasarkan visi dan misi perusahaan yaitu :

VISI

“Menjadi Perusahaan Terdepan di Bidang Industri Kreatif di Indonesia.”

MISI

Dan untuk mencapai visi tersebut, CV. KHARISMA MUDAGAYA LAKSANA akan menjalankan misi-misi sebagai berikut :

  1. Memproduksi dan mengembangkan produk-produk berkualitas berbasis handmade yang memiliki nilai kreatifitas yang tinggi.
  2. Meningkatkan kontribusi pendapatan bagi negara, karyawan serta berperan aktif dalam pembangunan lingkungan dan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Meningkatkan nilai perusahaan melalui kreatifitas, inovasi dan pengembangan kompetensi di bidang industri kreatif.
  4. Menjalankan usaha secara adil dengan memperhatikan azas manfaat bagi semua pihak yang terlibat (stakeholders), dan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Pin It on Pinterest